DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL 1
HALAMAN PENGESAHAN 2
HALAMAN MOTTO 3
HALAMAN PERSEMBAHAN 4
KATA PENGANTAR 5
DAFTAR ISI 6
BAB I PENDAHULUAN 7
A. Latar Belakang 7
B. Rumusan Masalah 8
C. Tujuan Penulisan 8
BAB III PEMBAHASAN 9
A. Pengertian K3 9
B. Prinsip-prinsip K3 10
C. Cara Pencegahan Kecelakaan 11
BAB V PENUTUP 12
A. Kesimpulan 12
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN





BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Setiap kegiatan kerja selalu diikuti dengan resiko bahaya yang dapat berakibat terjadinya kecelakaan. Kecelakaan seharusnya dapat dicegah dan diminimalisasikan, karena kecelakaan tidak dapat terjadi dengan sendirinya. Bahaya-bahaya pada lingkungan kerja pada dasarnya dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan, maka harus diidentifikasi dan dikelola dengan baik sejak mulai dari perencanaan, konstruksi, operasi sampai dengan pasca operasi.
Secara umum resiko bahaya-bahaya kebakaran dan kecelakaan sudah disadari. Setiap perusahaan yang bergerak melakukan kegiatan usaha penanggulangan antara lain telah menyediakan fasilitas keselamatan kerja perorangan dan sarana pencegahan serta penanggulangan kebakaran baik secara permanent maupun portable. Dalam melakukan kegiatan di dalam laboratorium kita harus menyadari dalam setiap kegiatan tersebut berpotensi menimbulkan dampak lingkungan dan kebakaran sehingga penting sekali aspek keselamatan dan kesehatan kerja disini.
Setiap pengguna laboratorium harus punya rasa tanggung jawab yang penuh akan keselamatan dan kesehatan kerja di dalam laboratorium. Untuk itu perlu dibuat peraturan-peraturan dan prosedur-prosedur yang ditetapkan dan harus ditaati selalu pada setiap kegiatan yang dilakukan di dalam laboratorium.
Dalam laboratorium diperlukan suatu panduan untuk keselamatan kerja dan keselamatan laboratorium harus ditempatkan di tingkatan prioritas yang paling tinggi.


B. Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian K3?
2. Apakah Prinsip- prinsip K3?
3. Apakah Pencegahan Kecelakaan Kerja?

C. Tujuan Penulisan
Pembuatan makalah ini bertujuan sebagai berikut :
1. Menginformasikan kepada pembaca pengertian K3
2. Menginformasikan kepada pembaca prinsip- prinsip K3
3. Menginformasikan kepada pembaca pencegahan kecelakaan kerja

















BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Menurut America Society of safety and Engineering (ASSE) K3 diartikan sebagai bidang kegiatan yang ditujukan untuk mencegah semua jenis kecelakaan yang ada kaitannya dengan lingkungan dan situasi kerja.
Menurut Mangkunegara, Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khususnya, dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budaya untuk menuju masyarakat adil dan makmur.

Menurut Suma’mur, keselamatan kerja merupakan rangkaian usaha untuk menciptakan suasana kerja yang aman dan tentram bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Menurut Simanjuntak, Keselamatan kerja adalah kondisi keselamatan yang bebas dari resiko kecelakaan dan kerusakan dimana kita bekerja yang mencakup tentang kondisi bangunan, kondisi mesin, peralatan keselamatan, dan kondisi pekerja .

Mathis dan Jackson , menyatakan bahwa Keselamatan adalah merujuk pada perlindungan terhadap kesejahteraan fisik seseorang terhadap cedera yang terkait dengan pekerjaan. Kesehatan adalah merujuk pada kondisi umum fisik, mental dan stabilitas emosi secara umum.

Menurut Ridley, John yang dikutip oleh Boby Shiantosia , mengartikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagi pekerjaannya, perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau tempat kerja tersebut.

Jackson , menjelaskan bahwa Kesehatan dan Keselamatan Kerja menunjukkan kepada kondisi-kondisi fisiologis-fisikal dan psikologis tenaga kerja yang diakibatkan oleh lingkungan kerja yang disediakan oleh perusahaan.
Secara umum, kesehatan dan keselamatan kerja merupakan suatu ilmu dan penerapannya dalam usaha mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

B. Prinsip – prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Prinsip – prinsip K3 meliputi :
1. Relaksasi (posisi duduk yang benar)
Posisi duduk berpengaruh pada hasil pengamatan. Selain itu posisi duduk yang salah juga berpengaruh pada kesehatan khususnya pada bagian – bagian otot misalnya :kifosis, lardosis, scoliosis.
2. Pencahayaan
Sedikit banyaknya cahaya yang masuk ke dalam ruang kerja (khususnya laboratorium) mempengaruhi saat pengamatan. Misalnya cahaya yang terlalu gelap atau terang mempengaruhi penglihatan saat melakukan pengamatan.
3. Kualitas Udara
Banyak sedikitnya udara yang masuk ke dalam ruang kerja juga berpengaruh. Apabila udara yang masuk ke dalam ruangan kerja terlalu sedikit maka ruangan menjadi pengap.
4. Gangguan Suara
Pengaruh suara berpengaruh pada konsentrasi, tingkat stress, dan aspek lain dari kinerja seseorang. Selain itu suasana kerja yang bising dapat menyebabkan penyakit insomia.

C. Cara Pencegahan Kecelakaan Kerja
1. Pemeriksan kesehatan sebelum kerja
2. Pemeriksaan secara berkala
3. Pendidikan tentang kesehatan dan keselamatan kerja
4. Pemberian informasi tentang peraturan – peraturan
5. Penggunaan pakaian pelindung
6. Isolasi terhadap operasi atau proses yang membahayakan
7. Pengaturan ventilasi setempat/local
8. Substitusi bahan yang lebih berbahaya dengan bahan yang kurang berbahaya
9. Pengadaan ventilasi umum untuk mengalirkan udara ke dalam ruang kerja sesuai dengan kebutuhan


D. Metode Pencegahan Kecelakaan Kerja
1. Peraturan perundangan
2. Standarisasi
3. Pengawasan
4. Penelitian bersifat teknis
5. Penelitian psikologis
6. Penelitian syarat statistic
7. Pendidikan yang menyangkut K3
8. Latihan – latihan
9. Penggairahan
10. Asuransi
11. Usaha keselamatan pada tingkat perusahaan


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Dari pembahasan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa kesehatan dan keselamatan kerja merupakan upaya untuk mencegah terjadinya kesakitan dan kecelakaan kerja. Setelah mempelajari K3 penulis lebih memahami prinsip-prinsip kerja dan juga cara pencegahan kecelakaan kerja.
Demikian yang dapat penulis sampaikan tentang kesehatan dan keselamatan kerja, semoga pembaca mendapatkan wawasan baru tentang K3 dan menerapkan K3 dalam bekerja.









DAFTAR PUSTAKA

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/10/kesehatan-dan-keselamatan-kerja-k3.html
http://www.scribd.com/doc/7876079/k3mengikuti-Prosedur-Menjaga-Kesehatan-Dan-Keselamatan-Kerja
http://www.scribd.com/doc/31590448/Kesehatan-Dan-Keselamatan-Kerja-k3
http://www.scribd.com/doc/31590448/Kesehatan-Dan-Keselamatan-Kerja-k3

0 komentar:

Posting Komentar